move

selamat datang di blog prince rusdy, banyak inspirasi yang bisa di dapat dari blog ini, jangan pernah berhaenti bermimpi karna mimpi memberi semangat kita untuk mencapainya

clock

WELCOME

my foto

Senin, 01 Juli 2013

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI, BERBASIS MASALAH, DAN PAIKEM

1.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI, BERBASIS MASALAH, DAN PAIKEM
a.    Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Inkuiri
Kelebihan Menurut suryobroto (2002 : 201)
1)      Membantu siswa mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan keterampilan dan proses koqnitif siswa.
2)      Membangkitkan gairah pada siswa misalkan siswa merasakan jerih payah penyeledikannya, menemukan keberhasilan dan kadang – kadang kegagalan.
3)      Memberikan kesempatan pada siswa bergerak maju sesuai dengan kemampuan.
4)      Membantu memperkuat dan pribadi siswa dengan bertambahnya kepercayaan pada diri sendiri melalui proses – proses penemuan.
5)      Siswa terlibat langsung sehingga siswa termotivasi untuk belajar
6)      Strategi ini berpusat pada siswa, misalkan memberikan kesempatan kepada mereka dan guru berpatisifasi sebagai sesama dalam mengecek ide.
7)      Guru sebagai teman belajar terutama dalam situasi penemuan yang jawabannya belum diketahui.
8)      Guru menyimpulakan semua pelajaran yang telah disampaikan.
9)      Guru memberikan motivasi kepada siswa apabila terjadi kegagalan dalam mengerjakan praktek dilapangan.

Kelemahan menurut suryobroto (2002 : 201) adalah :
1)      Dipersyaratkan keharusan ada persiapan mental untuk cara belajar ini.
2)      Pembelajaran ini kurang berhasil dalam kelas besar, misalnya sebagian waktu hilang karena membantu siswa menemukan teori – teori atau menemukan ejaan dari bentuk kata – kata tertentu.
3)      Harapan yang ditumpahkan pada strategi ini mungkin mengecewakan  siswa yang biasa dengan perencanaan dan pembelajaran  secara tradisional    jika guru tidak menguasai pembelajran inkuiri.
b.   Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran berbasis masalah

Kelebihan
1)      Pemecahan masalah merupakan teknik yang cukup bagus untuk lebih memahami isi pelajaran.
2)      Pemecahan masalah dapat menantang kemampuan peserta didik serta memberikan kepuasan untuk menentukan pengetahuan baru bagi peserta didik.
3)      Pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik.
4)      Pemecahan masalah dapat membantu peserta didik bagaimana mentrasfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata.
5)       Pemecahan masalah dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggungjawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
6)      Melalui pemecahan masalah dianggap lebih menyenangkan dan disukai peserta didik.
7)      Pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis dan mengembangkan  kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan  pengetahuan baru.
8)       Pemecahan masalah dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
9)      Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat peserta didik untuk secara terus menerus belajar.


Kelemahan

1)      Manakala peserta didik tidak memiliki minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba.
2)      Keberhasilan strategi pembelajaran melalui problem solving membutuhkan cukup waktu untuk persiapan
3)      Tanpa pemahaman mengapa ereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari. 

c.    Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran paikem

Kelebihan
1)      Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
2)      Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
3)      Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
4)      Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
5)      Pakem menghargai potensi semua siswa
6)      Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya
Kekurangan
1)      Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan, pintar/kurang pintar, social, ekonomi tinggi/rendah
2)      Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
3)      Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
4)      Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
5)      Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
6)      Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

queen

dog